Jumat, 20 Januari 2012

Pelayanan Kesehatan Gigi di UPTD Puskesmas Kec. Tegal Selatan

Upaya pelayanan kesehatan gigi dan mulut, sebagai salah satu bagian dari program pelayanan Puskesmas dilakukan di 2 Balai Pengobatan Gigi, yaitu Puskesmas Induk Randugunting dan Puskesmas Pembantu Bandung. Selain dilaksanakan di dalam gedung, pelayanan kesehatan gigi  juga dilaksanakan di sekolah-sekolah.

Pelayanan di dalam gedung meliputi penambalan, pencabutan, pembersihan karang gigi, konsultasi kesehatan gigi, dll. Di luar gedung, pelayanan lebih ditujukan pada promotif dan preventif, seperti penyuluhan, pemeriksaan, sikat gigi masal, dan penjaringan.
Pelayanan UKGM juga dilakukan di posyandu-posyandu. Seperti terlihat dalam gambar, pemeriksaan gigi sederhana dilakukan pada posyandu lansia.

Puskesmas Kec. Tegal Selatan memiliki 8 kelurahan dengan jumlah SD/MI sebanyak 31 sekolah, dan TK sebanyak 24 sekolah. Namun ada beberapa program, dimana pelayanan kesehatan gigi luar gedung ini juga melibatkan Play group atau PAUD. Kegiatan yang dilakukan lebih ditujukan pada pengenalan tentang kesehatan gigi dan mulut, terutama kepada orang tua atau wali murid, sehingga diharapkan mereka mau dan mampu untuk menjaga kesehatan gigi anak-anak mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar